728 x 90

Apple iPhone SE 2022, Alternatif iPhone Terbaru Paling Terjangkau

Apple iPhone SE 2022, Alternatif iPhone Terbaru Paling Terjangkau

Apple iPhone identik dengan ponsel kelas atas yang memiliki harga mahal. Namun bagi sebagian orang, kualitas dari produk ini, kesederhanaan dalam pemakaiannya, serta faktor gengsi telah membuat mereka merasa betah menggunakan iPhone dan enggan berpindah ke produk pesaing. Namun sebenarnya Apple memiliki opsi iPhone dengan harga yang lebih terjangkau, namun performa yang tidak kalah dengan

Apple iPhone identik dengan ponsel kelas atas yang memiliki harga mahal. Namun bagi sebagian orang, kualitas dari produk ini, kesederhanaan dalam pemakaiannya, serta faktor gengsi telah membuat mereka merasa betah menggunakan iPhone dan enggan berpindah ke produk pesaing. Namun sebenarnya Apple memiliki opsi iPhone dengan harga yang lebih terjangkau, namun performa yang tidak kalah dengan iPhone kelas atas bagi mereka yang tidak ingin berpaling ke produk lainnya. Opsi tersebut adalah seri iPhone SE yang baru saja mendapatkan generasi penerus.

Apple telah secara resmi mengumumkan kehadiran iPhone SE versi 2022 pada Selasa (8/3/2022) waktu Amerika Serikat atau Rabu (9/3/2022) dini hari waktu Indonesia. iPhone SE versi kali ini adalah generasi ketiga dari keluarga iPhone SE, setelah generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 2016 dan generasi keduanya diresmikan pada 2020 lalu.

Secara sekilas, desain iPhone SE versi 2022 ini dapat dibilang hampir tidak ada bedanya dengan iPhone SE versi 2020 yang juga mirip dengan iPhone 8. Ponsel ini pun masih memiliki tombol Home fisik di bagian bawah layar yang juga berfungsi sebagai sensor Touch ID sebagai pemindai sidik jari untuk pengamanan, tidak seperti seri iPhone X dan seterusnya yang menggunakan sensor pemindai wajah.

Beberapa spesifikasi dari iPhone SE versi 2022 ini juga tidak berubah jauh dari pendahulunya, sebagaimana dikutip dari website resmi Apple dan juga GSMArena. Spesifikasi tersebut seperti layar LCD 4.7 inci dengan resolusi 750 x 1334 piksel, sebuah kamera belakang beresolusi 12 megapiksel, sebuah kamera depan beresolusi 7 megapiksel, dukungan NFC dan Apple Pay, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, serta pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Perbedaan ponsel ini dengan seri pendahulunya terdapat pada hardware yang ada di dalamnya, dimana iPhone SE versi 2020 memiliki chipset A13 Bionic, sedangkan iPhone SE versi 2022 ditenagai chipset A15 Bionic yang juga terdapat pada seri iPhone 13. Ini artinya iPhone SE 2022 memiliki performa yang setara dengan iPhone kelas paling atas tersebut, serta lebih unggul dari seri-seri iPhone terdahulu. Dikutip dari rilis resmi Apple, berkat chipset terbaru ini pula iPhone SE 2022 mendukung fitur terbaru yang juga ditemui di seri iPhone 13 seperti Smart HDR 4 pada kamera untuk hasil foto yang lebih baik, serta memiliki daya tahan baterai lebih lama dari pendahulunya. Meskipun Apple tidak mengungkap berapa besar kapasitas baterai ponsel ini, mereka mengatakan bahwa baterai iPhone SE 2022 bertahan 2 jam lebih lama dalam pemutaran video dibanding iPhone SE 2020 atau iPhone 8. iPhone SE 2022 juga dilengkapi jaringan 5G yang memungkinkan konektivitas lebih cepat, dibandingkan pendahulunya yang masih belum mendukung 5G.

Masih dari rilis resmi Apple, iPhone SE versi 2022 atau iPhone SE generasi ketiga dapat dipesan mulai Jumat (11/3/2022) di lebih dari 30 negara, di antaranya Amerika Serikat, Australia, India, Inggris, Jepang, Jerman, Kanada, Perancis, dan Tiongkok. iPhone SE generasi ketiga hadir dalam warna hitam, putih, dan merah, serta dalam varian memori 64GB, 128GB, dan 256GB. iPhone SE varian 64GB dibanderol dengan harga $429 atau sekitar Rp6,1 juta-an per kurs hari Kamis (10/3/2022). Sebenarnya harga ponsel ini terbilang tidak semurah pendahulunya, karena pada April 2020 silam iPhone SE generasi kedua pertama kali diluncurkan dengan harga $399 untuk varian 64GB. Namun melihat harga iPhone yang dijual melalui distributor resmi di Indonesia saat tulisan ini dibuat masih berada di atas harga Rp10 juta-an, pastinya membuat iPhone SE generasi ketiga menjadi iPhone baru paling terjangkau.

Meskipun telah diluncurkan oleh Apple, tampaknya belum ada tanda-tanda ponsel ini akan resmi masuk pasar Indonesia. Bagaimana menurutmu, tertarik meng-upgrade atau pindah ke iPhone SE?

Penulis: Anak Agung Ngurah Mertha Jaya

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos