728 x 90

Ajak Kaum Muda Tumbuhkan Minat Literasi Digital Di Tengah Pandemi COVID-19, UKM Literasi STIKI Indonesia Gelar Webinar Nasional

Ajak Kaum Muda Tumbuhkan Minat Literasi Digital Di Tengah Pandemi COVID-19, UKM Literasi STIKI Indonesia Gelar Webinar Nasional

Guna menumbuhkan minat Literasi Digital kaum muda di masa Pandemi COVID-19, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Literasi STIKI Indonesia menggelar webinar nasional secara daring melalui platform Zoom pada Sabtu (27/11/2021). Webinar tersebut mengusung tema “Menumbuhkan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi Digital di Masa Pandemi COVID-19”. Ibu Ayu Gede Willdahlia sebagai Wakil Ketua III STIKI Indonesia dalam

Guna menumbuhkan minat Literasi Digital kaum muda di masa Pandemi COVID-19, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Literasi STIKI Indonesia menggelar webinar nasional secara daring melalui platform Zoom pada Sabtu (27/11/2021). Webinar tersebut mengusung tema “Menumbuhkan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi Digital di Masa Pandemi COVID-19”.

Ibu Ayu Gede Willdahlia sebagai Wakil Ketua III STIKI Indonesia dalam sambutannya mengapresiasi UKM Literasi yang walaupun termasuk salah satu UKM yang terbilang baru, namun sudah banyak sekali mengadakan kegiatan. “Saya sangat mengapresiasi kinerja dari UKM Literasi. Meskipun UKM ini terbilang baru, namun UKM Literasi telah banyak mengadakan kegiatan semuanya bertujuan untuk menumbuhkan literasi antar seluruh kalangan di kampus. Memang literasi digital saat ini sangat penting, karena kegiatan kita saat ini hampir semuanya serba digital,” ungkapnya.

Diketahui I Wayan Epa Jayantika, yang berprofesi sebagai Professional MC dan Presenter Bali TV berkesempatan hadir sebagai pemateri dalam webinar tersebut. Dalam pemaparannya, Iya menjelaskan bahwa literasi digital  menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan kaum milenial karena kita hidup di era yang serba digital.  “Teman-teman, angka pengguna internet di Indonesia saat ini termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Tetapi kesenjangan talenta digital di Indonesia saat ini juga masih sangat besar, salah satunya karena fasilitas internet saat ini belum tersebar secara merata,” ujarnya.

Selanjutnya, Epa – begitu ia akrab disapa – turut berbagi pengalaman terhadap pentingnya literasi di bidang yang saat ini ia tekuni, yaitu presenter dan MC. Ia pun menambahkan bahwa semakin sering kita melakukan literasi, semakin luas wawasan yang kita miliki untuk membantu kita menemukan karier di jenjang selanjutnya. “Literasi digital itu ada banyak sekali jenisnya, bukan hanya kegiatan baca tulis. Memberikan narasi, membuat caption, atau membuat konten untuk media sosialyang informatif itu juga termasuk literasi digital. Bahkan public speaking itu termasuk literasi juga lho,” jelas Epa.

Pada akhir acara terdapat pengumuman doorprize bagi beberapa penanya yang dipilih oleh panitia. Tentu pertanyaan tersebut terlebih dulu diseleksi untuk dijadikan pemenang. Webinar tersebut sukses dihadiri oleh 186 peserta dari berbagai kampus di Bali, mulai dari UNMAS, STIPI, dan Mahasiswa STIKI Indonesia. Putu Agus Hendrawan selaku panitia acara berharap agar kaum muda semakin mengembangkan budaya berliterasi. “Saya berharap agar kaum seluruh peserta dapat lebih mengembangkan budaya literasi. Saat ini literasi tersedia dalam berbagai bentuk, jadi mereka dapat mengembangkan kebiasaan berliterasi dengan cara yang sesuai dengan zaman yang penuh dengan teknologi seperti saat ini, karena literasi digital sangat penting bagi mereka,” ujarnya.pungkasnya. (mna)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos