728 x 90

Overthinking?

Overthinking?

Berbicara tentang overthinking tentunya bukan hal yang baru didengar lagi, bukan? Hal ini tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari khususnya pada kalangan remaja. Overthinking adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan dengan jangka waktu yang panjang serta menduga duga kenyataan yang buruk yang bahkan belum terjadi sama sekali dan bisa memberikan dampak negatif. Overthinking menyebabkan banyak waktu yang

Berbicara tentang overthinking tentunya bukan hal yang baru didengar lagi, bukan? Hal ini tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari khususnya pada kalangan remaja. Overthinking adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan dengan jangka waktu yang panjang serta menduga duga kenyataan yang buruk yang bahkan belum terjadi sama sekali dan bisa memberikan dampak negatif. Overthinking menyebabkan banyak waktu yang terbuang hanya untuk memikirkan hal-hal yang merugikan dan tentunya menyakiti diri sendiri. Entah itu masalah percintaan, pertemanan, keluarga atau bahkan masalah dengan diri sendiri. Yang membuat seseorang menjadi takut dan kehilangan rasa percaya diri sehingga lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu dalam mengambil keputusan.

Berpikir sebelum mengambil sebuah keputusan adalah hal yang lumrah akan tetapi, jika terlalu berlebihan dalam memikirkan kemungkinan besar sudah memasuki fase overthinking. Hal ini mungkin kelihatannya sepele, namun bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan jiwa seseorang. Saat seseorang sedang mengalami rasa overthinking akan cenderung terpaku pada masalah yang dihadapi tanpa mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut, oleh karena itu perlu menjaga diri dengan hal-hal yang positif. Berikut adalah ciri-ciri atau gejala yang dialami seseorang yang mengalami overthinking.

  • Kalau seperti ini?

Seseorang yang mengalami overthinking biasanya selalu memikirkan terlalu jauh kemungkinan-kemungkinan yang belum terjadi yakni pertanyaan yang serupa, “

kalau seperti ini?” Pertanyaan tersebut merupakan kemungkinan-kemungkinan yang dipikirkan seseorang saat overthinking tentang apa yang dilakukan dan apa yang akan orang lain pikirkan. Sehingga apabila hal ini terus terjadi tanpa memikirkan solusi maka hal ini akan terjadi terus-menerus dan merugikan diri sendiri dengan pikiran yang negatif. 

  • Memikirkan banyak hal

Salah satu gejala overthinking yang paling banyak dialami seseorang adalah memikirkan banyak hal sekaligus yang menyebabkan seseorang menjadi stress karena hal-hal yang dipikirkan berkumpul menjadi satu tanpa adanya pemecahan masalah. Sehingga seeorang stuck pada masalah-masalah tersebut tanpa melakukan tindakan.

  • Takut mengungkapakan sesuatu

Ingin mengungkapn sesuatu akan tetapi selalu memikirkan pendapat orang lain tetang apa yang akan dipikirkan jika akan mengungkapkan sesuatu. Cenderung akan berpikir bahwa apa yang akan diungkapkan tidak bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Padahal, nyatanya setiap orang punya pendapat yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat seseorang menjadi takut untuk berbicara dan akhirnya menjadi pemendam.

  • Selalu ingin terlihat baik

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, seseoarang yang mengalami overthinking cenderung akan melakukan atau menunjukan hal-hal yang terlihat baik di mata orang lain. Karena tidak ingin mengecewakan orang lain dengan memandang buruk tentang dirinya. Sehingga orang tersebut akan selalu memikirkan bagaimana orang lain bisa terus menyukainya dengan hal-hal positif yang dilakukan tanpa menyadari bahwa manusia dapat melakukan kesalahan dan itu hal yang wajar.

  • Mengasingkan diri

Ketika seseorang sudah mengalami rasa overthinking yang begitu jauh, seseorang akan mengasingkan dirinya dari orang sekitarnya, takut bersosialisasi karena merasa dirinya buruk, merasa dirinya salah dan merasa dirinya tidak bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan bagi orang lain maupun diri sendiri. Rasa percaya diri kepada diri sendiri maupun kepada orang lain sangatlah sedikit sehingga orang tersebut merasa hanya dirinya yang mampu membantu diri sendiri tanpa bergantugan kepada orang lain. Sehingga lebih memilih hidup sendiri.

Dari ciri-ciri diatas tentunya sangat berdampak buruk bagi diri sendiri. Maka dari itu hadapi rasa overthinking dengan melakukan hal-hal yang positif agar terhindar dari dampak buruk yang akan terjadi. Berikut adalah cara agar terhindar dari rasa overthinking.

  • Jangan memikirkan hal yang tidak penting

Hal-hal yang sepele apabila dipikirkan dengan terlalu keras maka akan menyebabkan seseorang menjadi ovethinking dan banyak waktu terbuang hanya untuk memikirkan sesuatu yang tidak penting.

  • Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Meluangkan waktu yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, makan makanan yang disukai, membaca buku, liburan bersama teman-teman terdekat ataupun keluarga. Dengan begitu kita tidak punya waktu untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting.

  • Selalu berfikir positif

Kehidupan tidak selalu buruk namun ada baik dan buruknya. Berpikir positif saat  berada pada posisi yang sulit dan menjalani hari-hari dengan ceria. Dengan mamandang sesuatu dengan positif maka akan terhindar dari pikiran negatif.

  • Mencintai diri sendiri

Sebelum memikirkan pendapat tentang orang lain ada baiknya memikirkan diri sendiri dulu, dengan cara  mencintai diri sendiri mulai dari menerima diri sendiri dan tidak menyalahkan diri sendiri dan selalu belajar dari kesalahan bukan terpaku pada satu kesalahan.

Daripada membuang waktu terus-menerus untuk memikirkan hal-hal yang tidak baik. Akan lebih baik melakukan hal-hal yang menyenangkan bukan? Dengan begitu pikiran akan terasa tenang tanpa memikirkan hal-hal yang merugikan diri sendiri . maka dari itu stop overthinking dan mulailah berpikir positif. (sofaraway)

Sumber Internet : https://sanhhow.blogspot.com/2020/08/dampak-negatif-overthinking-dan-cara.html

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos