728 x 90

Photopea: Solusi Editing Photoshop Tanpa Perlu Photoshop

Photopea: Solusi Editing Photoshop Tanpa Perlu Photoshop

Siapa yang tidak kenal dengan software Adobe Photoshop? Mungkin Anda minimal pernah mendengar tentang program manipulasi gambar yang satu ini. Bagi beberapa kalangan editor foto, Photoshop sudah menjadi senjata andalan mereka karena menyediakan alat-alat yang lengkap untuk mengedit foto, membuat desain untuk publikasi seperti poster, pamflet, dan lain-lain. Biasanya Adobe Photoshop dipaketkan dengan software Adobe

Siapa yang tidak kenal dengan software Adobe Photoshop? Mungkin Anda minimal pernah mendengar tentang program manipulasi gambar yang satu ini. Bagi beberapa kalangan editor foto, Photoshop sudah menjadi senjata andalan mereka karena menyediakan alat-alat yang lengkap untuk mengedit foto, membuat desain untuk publikasi seperti poster, pamflet, dan lain-lain. Biasanya Adobe Photoshop dipaketkan dengan software Adobe lainnya, yang dimana paket ini disebut Adobe Creative Cloud (atau Creative Suite untuk versi lama). Paket ini hanya bisa ditebus dengan membayar biaya langganan kepada Adobe, atau jika kita kere biasanya akan mencari versi crack atau bajakan dari software ini.

Nah, lalu bagaimana jika kita tidak mau membajak software Adobe, apa kita masih bisa menikmati fasilitas editing seperti yang disediakan Photoshop? Atau saat Photoshop tidak terinstal di komputer kita, tetapi karena suatu hal yang mendesak, kita mendadak memerlukannya? Ada sebuah jalan pintas untuk kita bisa menikmati editing sekelas Adobe Photoshop tanpa perlu menginstal Photoshop. Tidak perlu menginstal program tambahan, yang penting perangkat yang kita miliki dapat mengakses internet serta terinstal internet browser. Solusi itu adalah Photopea. Untuk mengaksesnya, kita hanya perlu mengunjungi situs photopea.com.

Photopea bisa dikatakan sebagai ‘Photoshop KW super’. Tampilannya sangat mirip Photoshop, hampir semua fitur Photoshop juga bisa ditemui di sini, mulai dari yang dasar seperti move tool, rectangle select, crop tool, brush tool, sampai alat seperti magic wand, layers, layer style,dan masih banyak lagi. Bahkan ia juga bisa diajak mengedit file ber-format .psd dan .ai, format yang biasa dihasilkan proyek Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Untuk mulai menggunakannya, kita hanya perlu membuka file yang akan kita edit ke Photopea, atau kita bisa membuat proyek baru dengan mengklik File -> New Project. Kita juga bisa menyimpan kembali proyek gambar yang sedang dikerjakan dalam format .psd untuk kemudian mengeditnya kembali lain waktu di Adobe Photoshop atau di Photopea.

Photopea dapat digunakan sepuasnya secara gratis. Namun, untuk mendukung pengembang Photopea agar tetap bisa menjalankan aplikasinya, ia meletakkan iklan di sisi kanan layar. Iklan ini biasanya tidak mengganggu, tetapi jika ingin menghilangkan iklan dan mendukung pengembang secara lebih jauh, kita dapat membayar kepada pengembang setiap bulan dengan harga yang jauh lebih murah daripada berlangganan Adobe Creative Cloud. Dengan membayar, pengguna juga memiliki akses fitur undo yang lebih banyak.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba Photopea? (ngr)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos