728 x 90

Bagaimana sih Cara Rokok Bekerja Merusak Tubuh Kita?

Bagaimana sih Cara Rokok Bekerja Merusak Tubuh Kita?

Seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang merokok adalah hal yang biasa, layaknya makanan sehari-hari. Kalau gak ngerokok sudah pasti hidup pun terasa kurang, apalagi bagi para perokok kelas berat yang gak bisa jauh dari yang namanya rokok, seperti yang orang bilang,”No smoking no life” atau “Lebih baik gak makan daripada gak ngerokok”. Ya hal

Seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang merokok adalah hal yang biasa, layaknya makanan sehari-hari. Kalau gak ngerokok sudah pasti hidup pun terasa kurang, apalagi bagi para perokok kelas berat yang gak bisa jauh dari yang namanya rokok, seperti yang orang bilang,”No smoking no life” atau “Lebih baik gak makan daripada gak ngerokok”. Ya hal itu memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari para perokok, baik yang dewasa, remaja, bahkan bocah masih bau ingus pun tak mau ketinggalan untuk merokok. Padahal, usia seseorang yang diperbolehkan mengonsumsi rokok adalah remaja dengan usia di atas 18 tahun. Mengingat begitu banyak efek negatif dari rokok, sudah seharusnya orang tua mengimbau anak agar tidak mengonsumsi rokok di usia kurang dari 18 tahun, bila perlu tidak mengonsumsinya sama sekali.

Rokok sebenarnya sudah dikenal masyarakat luas sebagai salah satu penyebab kematian yang cukup besar di dunia. Rokok juga tidak hanya memberikan efek negatif bagi orang yang mengonsumsi saja, tetapi juga dapat membahayakan dan memberikan efek negatif bagi orang disekitar perokok.

Beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika asap rokok di hidup, antara lain:

  1. Tekanan darah dan detak jantung Anda akan meningkat. Namun, aliran darah ke pembuluh darah kapiler Anda berkurang.
  2. Kadar oksigen dalam darah berkurang karena karbon monoksida yang ada pada darah justru mengalami peningkatan dari asap rokok.
  3. Paparan bahan kimia yang terkandung pada asap rokok menyebabkan rambut halus di saluran pernapasan rusak. Selain itu, otot-otot kecil di saluran pernapasan juga akan terus berkontraksi.
  4. Sistem imun (kekebalan tubuh) melemah sehingga membuat Anda rentan mengalami berbagai penyakit infeksi.

Rokok memberikan beberapa efek pada perokok salah satunya adalah menurunkan kekebalan tubuh. Penurunan kekebalan tubuh ditandai dengan kurangnya. kemampuan tubuh dalam melawan bibit penyakit penyebab infeksi yang masuk melalui rokok yang dihisap asapnya. Ketika seseorang merokok, tanpa disadari, organ dan komponen imunitas mengalami kerusakan sehingga tidak dapat bekerja dengan baik saat tubuh kekurangan asupan penting yang dibutuhkan seperti antioksidan dan oksigen.

Berbagai penelitian telah membuktikan ada banyak bahaya merokok bagi kesehatan selain disebutkan di atas, yaitu dapat menyebabkan penyakit asma, infeksi paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, serangan jantung, stroke, demensia, disfungsi ereksi (impoten), dan sebagainya. (Gena)

Sumber: Titis Nurmalita Dianti

Sumber Gambar: freepik

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos