728 x 90

Workshop Nasional dalam Rangkain SCJC Ajak Peserta Memperdalam Skill Menulis Hingga Public Speaking

Workshop Nasional dalam Rangkain SCJC Ajak Peserta Memperdalam Skill Menulis Hingga Public Speaking

UKM Jurnalistik dan Pers STIKI mengadakan Workshop Nasional sebagai rangkaian acara STIKI Creative Journalism Competition (ScJC) pada Jumat (6/8) hingga Minggu (8/8) melalui Zoom Meeting. Tahun ini merupakan kali kedua diadakannya STIKI Creative Journalism Competition. Mengusung tema Peran Teknologi dalam Mendukung Peningkatan Literasi Pemuda, kegiatan ini menjadi wadah menyalurkan minat dan bakat dalam bidang jurnalistik.

UKM Jurnalistik dan Pers STIKI mengadakan Workshop Nasional sebagai rangkaian acara STIKI Creative Journalism Competition (ScJC) pada Jumat (6/8) hingga Minggu (8/8) melalui Zoom Meeting.

Tahun ini merupakan kali kedua diadakannya STIKI Creative Journalism Competition. Mengusung tema Peran Teknologi dalam Mendukung Peningkatan Literasi Pemuda, kegiatan ini menjadi wadah menyalurkan minat dan bakat dalam bidang jurnalistik. Salah satu rangkaiannya adalah Workshop Nasional.

Diadakan secara tiga hari berturut-turut, Workshop Nasional ini terdiri dari Workshop Kepenulisan mengambil tema “Write Like a Journalist” dengan narasumber Ni Komang Dewi Juliana, Workshop Video  tema “Technique and Sense of Videography” dengan narasumber I Wayan Eka Saputra, S.Kom., dan Workshop Reporting tema “Public Speaking and Rational Thinking to Build Your Confidence” dengan narasumber I Wayan Epa Jayantika. Narasumber pada workshop ini merupakan profesional di bidangnya masing-masing.

Rangkaian ini bertujuan sebagai bekal untuk untuk peserta lomba SCJC. Di luar peserta lomba pun juga ikut dalam Workshop kali ini. Masing-masing workshop menembus sebanyak lebih dari 400 orang. Dengan antusiasme yang sangat tinggi dari peserta, workshop ini mendapat respon yang sangat baik dari peserta.

Dalam sambutannya, I Dewa Made Krishna Muku, S.T.,M.T. selaku Ketua STIKI Indonesia berpesan kepada peserta lomba agar semangat dalam mengikuti lomba.

“Juara itu bukan tujuan utama, karena semua peserta sudah jadi pemenang. Ikut lomba ini bisa nambah pengalaman, wawasan, dan kenalan. Baik juga untuk mengembangkan soft skill kita,” pesannya.

Pembina UKM Jurnalistik dan Pers STIKI, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom., M.Pd. juga berharap agar menulis dapat dijadikan kebiasaan karena hal ini penting.

“Media memang berubah, yang dari menulis di kertas  hingga  sekarang semua memanfaatkan digital. Meskipun beralih kebiasaan, tetapi jangan sampai kehilangan minat literasi. Adanya workshop ini jadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi,” tambahnya.

Rosmayana, ketua panitia kegiatan SCJC, mengemukakan bahwa acara ini berjalan dengan sangat baik meskipun terdapat berbagai kendala, terutama PPKM.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada panitia karena tetap bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik meskipun ada berbagai hambatan. Ke depannya saya berharap PPKM segera berakhir dan COVID segera hilang sehingga acara puncak dapat terlaksana sesuai rencana. Terakhir, semoga acara ini terus berkelanjutan dan dapat dilaksanakan dengan lebih baik,” ujar Rosmayana.

Diego
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos